Profil
Diposting tanggal: 31 Mei 2010

 1. Latar Belakang Pendirian.

             Kabupaten Asahan adalah wilayah yang cukup strategis dalam pengembangan sumber daya manusia khususnya dalam bidang pendidikan.  Berdasarkan lokasi geografisnya Kabupaten Asahan Disebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Batubara dan Selat Malaka, sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Labuhan Batu, sebelah Selatan dengan Kabupaten Toba Samosir dan sebelah Barat dengan Kabupaten Simalungun.

 

Disini geliat perkembangan bidang sosial, ekonomi, dan pendidikan mulai tampak sejak tahun 1990 –an, ditandai dengan munculnya lembaga-lembaga pendidikan baik swasta maupun yang diselenggarakan oleh pemerintah.

            AKPER GITA MATURA ABADI KISARAN berdiri pada Tahun 1994 dilatarbelakangi oleh tuntutan kebutuhan tenaga Keperawatan di wilayah Kabupaten Asahan. Kabupaten Asahan 1/3 wilayahnya adalah Perkebunan dan mata pencaharian penduduknya mayoritas adalah bertani. Kondisi geografis yang cukup sulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak menyebabkan rendahnya tingkat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat desa.

            Kondisi ini semakin buruk dengan kurang akuratnya pendataan penyakit di desa-desa yang berakhir dengan tidak bersambutnya upaya-upaya pemerintah Daerah terutama Dinas Kesehatan dalam memberantas penyakit menular yang sangat berbahaya seperti TBC, DBD, Polio dan lain sebagainya.

            Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang berbagai jenis penyakit menular itu disebabkan kurangnya penyuluhan dari tenaga-tenaga kesehatan ke desa-desa. Hal ini disikapi oleh Bapak Drs. H. Sofyan. AS sebagai salah satu pendiri AKPER GITA MATURA ABADI Kisaran dengan mendirikan sebuah lembaga pendidikan swasta bidang Keperawatan dengan jenjang pendidikan setara Diploma III yang bertujuan untuk mencetak tenaga-tenaga profesional bidang kesehatan, yang diharapkan mampu membangun dan membina desa asal peserta didik bidang kesehatan itu sendiri.

              AKPER GITA MATURA ABADI Kisaran telah menjawab tuntutan akan kebutuhan tenaga perawat profesional dengan meluluskan 23 Angkatan dan telah mengabdikan ilmunya ditengah-tengah masyarakat Kabupaten Asahan, di institusi-institusi pemerintah maupun swasta dan di luar Kabupaten Asahan bahkan sampai ke luar negeri seperti Malaysia, Arab Saudi, dan Kuwait.

 2. Analisa Situasi

Kabupaten Asahan memiliki wilayah yang cukup luas ± 3.732 Km yang terdiri atas 177 Kelurahan/Desa yang masih jauh akan layanan kesehatan yang memadai. Kabupaten Asahan memiliki 22 Unit Puskesmas yang tersebar di 25 Kecamatan. Permasalahan yang umum dijumpai adalah dibidang personil baik dari sisi Skill, maupun pemerataan personil dengan indikasi kurangnya tenaga profesional dibidang pelayanan kesehatan. Dengan adanya lulusan tenaga keperawatan yang profesional diharapkan mampu mengatasi permasalahan ini. Berdirinya Akademi Keperawatan di Ibukota Kabupaten Asahan telah membantu mewujudkan impian pemuda-pemudi Kabupaten Asahan untuk mendapatkan pendidikan profesional bidang kesehatan tanpa harus keluar daerah Kabupaten Asahan.

Tenaga Perawat Profesional benar-benar sangat dibutuhkan terutama di daerah-daerah pedesaan dimana pelayanan akan kesehatan masih minim. Tuntutan akan tenaga keperawatan juga cukup besar khususnya dari negara tetangga Malaysia dan Singapore, negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi dan Kuwait bahkan Australia dan Amerika.

Adalah tugas dari AKPER GITA MATURA ABADI Kisaran dalam mempersiapkan tenaga-tenaga Profesional tersebut sehingga mampu berkompetisi dengan para tenaga keperawatan asing dalam era pasar bebas saat ini.

3. Program Strategis

            Program pendidikan di AKPER GITA MATURA ABADI Kisaran adalah sesuai Kurikulum Nasional Pendidikan Diploma III Keperawatan  dengan pelaksanaan pembelajaran Teori dan Praktikum serta Penelitian baik didalam institusi Akper maupun bekerjasama dengan Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik-klinik yang ada di Kabupaten Asahan.

Selain lahan praktek di Rumah Sakit, Puskesmas dan Klinik AKPER GITA MATURA ABADI KISARAN juga melaksanakan pengabdian terhadap masyarakat dengan turut serta memberikan penyuluhan-penyuluhan kesehatan kepada masyarakat, turut ambil bagian dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan baik yang dilaksanakan oleh LSM, Pemerintah Daerah maupun yang diprakarsai oleh AKPER GITA MATURA ABADI Kisaran sendiri.

4. Support System

Untuk menghasilkan output Tenaga Kesehatan yang Profesional diperlukan support berupa Sumber Daya Pengajar / Dosen yang berkualitas, dimana posisi ini ditempati oleh Tenaga Pengajar Strata II yang berlatar belakang Pendidikan Keperawatan maupun Non Kesehatan, Dokter yang telah berpengalaman yang berprofesi diwilayah Kabupaten Asahan serta Tenaga Clinical Instruktur yang ada di Rumah-rumah Sakit.

Selain itu diperlukan pula Sarana dan Prasarana yang memadai. Untuk itu AKPER GITA MATURA ABADI Kisaran menyediakan Ruang Belajar, Ruang Laboratorium Klinis ,Internet / WiFi, Peralatan Audio Video, Sarana Olah Raga, Ruang Asrama Putra & Putri serta 2 Unit Bus sebagai alat Transportasi.

5. Analisa Kebutuhan

Sarana & Prasarana yang ada pada AKPER GITA MATURA ABADI Kisaran masih dirasa belum cukup untuk memenuhi tuntutan akan perkembangan Ilmu Pengetahuan yang terus berkembang dengan pesat. Pengalaman dalam menghasilkan Tenaga Perawat yang profesional saja belumlah cukup untuk memenuhi tuntutan ini. Untuk itu masih diperlukan support dari bebagai pihak yang peduli akan Pendidikan dalam peningkatan mutu lulusan.

Bahasa sebagai salah satu alat komunikasi yang merupakan interaksi terbesar bagi para perawat dalam melaksanakan profesinya selain kemampuan keterampilan adalah merupakan hal yang paling fital untuk dapat menembus pasar luar negeri. Namun sampai saat ini AKPER GITA MATURA ABADI Kisaran masih belum mampu untuk menyediakan Laboratorium `Bahasa, meskipun demikian sedikit-demi sedikit AKPER GITA MATURA ABADI Kisaran terus berbenah dengan menambahkan Laboratorium Tekhnologi Informasi.

6. Penutup.

AKPER GITA MATURA ABADI Kisaran telah berusia 25 Tahun dan telah menghasilkan 23 Lulusan dengan kualitas yang cukup baik, hal ini di buktikan dengan banyaknya alumni Mahasiswa/I AKPER GITA MATURA ABADI Kisaran  yang sukses dimasyarakat, baik diwilayah Kabupaten Asahan maupun diluar Kabupaten Asahan baik yang bekerja secara Wiraswasta, Pegawai Negeri Sipil, Karyawan Swasta serta Tenaga Kerja Luar Negeri.

Dengan segala keterbatasan yang dimiliki oleh institusi ini dengan niat yang tulus dibarengi dengan kemampuan dan pengalaman yang memadai AKPER GITA MATURA ABADI Kisaran telah membuktikan kepada Masyarakat Asahan bahwa AKPER GITA MATURA ABADI Kisaran mampu memberikan lulusan Tenaga Perawat yang Profesional dibidangnya.

Semoga apa yang telah diraih akan dapat dipertahankan dan mudah-mudahan dengan partisipasi dari seluruh pemerhati pendidikan di Kabupaten Asahan, AKPER GITA MATURA ABADI Kisaran dapat meningkatkan kualitas lulusannya di waktu-waktu yang akan datang.

 


Pencarian Berita