Minggu, 15 September 2019 - 00:17:39 WIB
Sinusitis: Penyebab, Gejala, Diagnosis dan Pengobatan
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kesehatan - Dibaca: 176 kali

DokterSehat.Com-Sinusitis adalah peradangan atau pembengkakan jaringan yang melapisi permukaan rongga sinus. Normalnya, sinus yang sehat dipenuhi dengan udara, akan tetapi ketika rongga tersumbat dan dipenuhi dengan cairan, kuman dapat tumbuh dan menyebabkan infeksi. Sinus sendiri merupakan rongga kecil yang saling terhubung seperti layaknya saluran udara di dalam tulang tengkorak. Sinus terletak di bagian dalam struktur tulang dahi, bagian dalam struktur tulang pipi, kedua sisi batang hidung, dan belakang mata. Simak penjelasan lengkap mengenai sinusitis di bawah ini.

Penyebab Sinusitis

Pada umumnya, kondisi yang menyebabkan penyumbatan sinus adalah flu, rinitis alergi, polip hidung, dan deviasi septum (dinding yang membagi rongga hidung tidak tepat berada di tengah).

Meski sebagian besar kasus penyakit sinusitis adalah infeksi virus, sinusitis juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan lainnya seperti asma, infeksi bakteri, hingga alergi.

Penyebab umum sinusitis lainnya yaitu kondisi kesehatan dan iritasi. Kondisi kesehatan yakni terkait dengan kondisi seperti cystic fibrosis, HIV dan penyakit lain yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, iritasi terhadap paparan zat kimia juga bisa memicu sinusitis. Polusi udara, semprotan yang mengandung pestisida, disinfektan, dan deterjen rumah tangga, dapat menyebabkan pembengkakan dan penyumbatan pada selaput hidung yang menyebabkan penyempitan lubang drainase dari sinus.

Penyumbatan saluran pengeringan sinus yang sempit adalah alasan utama seseorang mengalami sinusitis.

Jenis Sinusitis

Setelah Anda mengetahui penyebab sinusitis, hal lain yang juga harus pahami adalah jenis sinusitis, di antaranya:

  • Sinusitis Akut

Sinusitis akut adalah peradangan sementara pada sinus. Selaput lendir hidung membuat rongga-rongga sinus membengkak. Ini bisa terjadi ketika Anda menderita pilek atau alergi. Pembengkakan menghalangi rongga sinus dan akhirnya mencegah aliran lendir yang normal.

  • Sinusitis Kronis

Sinusitis kronis terjadi ketika gejalanya menjadi lebih sering atau lebih buruk. Jika Anda memiliki lebih dari tiga infeksi sinus dalam setahun atau memiliki gejala lebih dari 12 minggu, Anda bisa disebut menderita sinusitis kronis. Lebih dari 50 persen penderita asma sedang hingga berat juga menderita sinusitis kronis.

Gejala Sinusitis

Sinusitis kronis dan sinusitis akut memiliki tanda dan gejala yang serupa, tetapi sinusitis akut adalah infeksi sementara pada sinus yang sering dikaitkan dengan pilek. Tanda-tanda dan gejala sinusitis kronis berlangsung setidaknya 12 minggu, tetapi Anda mungkin memiliki beberapa episode sinusitis akut sebelum berkembang menjadi sinusitis kronis.

1. Gejala Sinusitis Akut

Jka Anda memiliki dua atau lebih gejala, hal itu menandakan bahwa memiliki gejala sinestitis akut. Gejala yang bisa terjadi, antara lain:

  • Nyeri pada tekanan di wajah.
  • Hidung meler.
  • Menurunnya indra penciuman.
  • Batuk.
  • Kelelahan berlebih.
  • Nyeri gigi.

2. Gejala Sinusitis Kronis

Gejala sinusitis kronis yang bisa dialami mungkin memiliki gejala selama 12 minggu atau lebih, disertai:

  • Perasaan penuh di wajah.
  • Sumbatan hidung.
  • Lendir hidung mengalami perubahan warna.
  • Sakit kepala dan sakit gigi.
  • Bau mulut.
  • Demam.
  • Kelelahan.

Beberapa gejala semakin memburuk ditandai dengan sakit kepala, leher kaku, penglihatan ganda, dan menurunnya kesadaran. Segera ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Diagnosis Sinusitis

Dokter spesialis THT (Telinga, Hidung, dan Tenggorokan) dapat mendiagnosis sinusitis hanya dengan menanyakan gejala dan melakukan pemeriksaan fisik sederhana. Jika kondisi sinusitis parah, CT scan bisa digunakan untuk mencurigai adanya komplikasi.

Metode lainnya yang bisa digunakan, di antaranya:

1. Tes Pencitraan

Selain CT scan, MRI scan juga bisa dilakukan dengan menunjukkan detail sinus dan daerah sekitar hidung. Tes pencitraan diperlukan untuk melihat peradangan dalam yang sulit dideteksi menggunakan endoskopi.

2. Endoskopi

Endoskopi adalah pemeriksaan medis yang menggunakan alat berupa endoskop untuk melihat organ internal di dalam tubuh. Endoskop adalah alat berbentuk tabung panjang, tipis, dan fleksibel yang dilengkapi dengan sumber cahaya dan kamera di salah satu ujungnya. Alat ini digunakan dokter untuk melihat bagian dalam sinus.

3. Tes Alergi

Jika dokter Anda mencurigai bahwa alergi mungkin memicu sinusitis kronis, ia mungkin merekomendasikan tes alergi kulit. Tes alergi kulit adalah dapat membantu mendeteksi alergen apa yang bertanggung jawab terhadap kondisi rongga sinus.

Pengobatan Sinusitis

Jika Anda memiliki infeksi sinus ringan, dokter biasanya menyarankan untuk menggunakan pencuci hidung yang mengandung dekongestan dan garam. Meski begitu, Anda tidak boleh menggunakan dekongestan lebih dari 3 hari, karena hal itu bisa memperburuk kondisi sinusitis.

Berikut adalah langkah-langkah penanganan sinusitis yang bisa dilakukan, di antaranya:

1. Banyak Minum Air Putih

Hidrasi yang baik dapat membantu mengurangi lendir dan membuat rongga sinus longgar.

2. Menghirup Uap Panas

Tuangkan air panas ke dalam panci kemudian tutupi kepala dengan handuk sambil menghirup uap dari panci. Selain menggunakan panci, uap juga bisa didapatkan dari minuman panas atau konsumsi sup, karena kunci meredakan sinusitis terletak pada uap yang dihasilkan.

3. Mengatur Posisi Kepala

Cobalah tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari tubuh. Jika salah satu posisi membuat kepala Anda sakit, tidurlah dengan posisi yang tidak menyakitkan.

4. Cairan Saline

Anda bisa menggunakan semprotan saline (air garam) untuk mengurangi lendir dan membilas sinus.

5. Obat Penghilang Rasa Sakit

Obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti aspirin atau asetaminofen akan membantu mengurangi rasa sakit dan demam yang ditimbulkan oleh sinusitis.

6. Dekongestan

Dekongestan adalah obat yang bisa digunakan untuk meredakan hidung tersumbat. Contoh dekongestan seperti pseudoefedrin atau fenilefrin kadang-kadang meningkatkan tekanan darah, membuat gelisah, dan membuat Anda terjaga di malam hari

Sementara itu, semprotan hidung yang mengandung fenilefrin atau oxymetazoline tidak memiliki efek samping seperti dua jenis obat di atas, tetapi jika Anda menggunakannya terlalu sering atau terlalu lama, hidung bisa iritasi atau membuat ketergantungan.

7. Steroid Hidung

Obat sinusitis lainnya yang bisa digunakan adalah steroid hidung. Obat semprot steroid harus digunakan dengan benar untuk menghindari efek samping. Baca petunjuk dengan seksama untuk menghindari masalah. Konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan cara ini jika Anda memiliki alergi atau jika sinusitis membandel.

8. Antibiotik

Dokter bisa meresepkan antibiotik untuk melawan infeksi bakteri. Antibiotik diberikan ketika gejala sinusitis akut semakin memburuk.




51 Komentar :

sewa laptop untuk acara
25 September 2019 - 14:31:44 WIB

Terimakasih atas beritanya pak, Saya Tunggu Berita yang barunya lagi
jasa sewa laptop core I7
27 September 2019 - 11:36:36 WIB

pertamax gan terimakasih untuk infonya
jual Papan Bunga Medan
27 September 2019 - 15:51:52 WIB

pertamax gan terimakasih untuk infonya
tarif sewa laptop perorangan
30 September 2019 - 08:54:39 WIB

hebat postingannya, inspiratif banget…
biaya sewa laptop core I7
30 September 2019 - 09:03:52 WIB

saya berterimakasih karena website ini selalu memberikan hal menarik kepada kami
biaya rental laptop perorangan
30 September 2019 - 09:26:42 WIB

Situs Anda selalu memberikan berita yang update, menarik dan bermanfaat
rental laptop untuk event
30 September 2019 - 09:36:27 WIB

saya kagum dengan artikel ini banyak sekali yang berminat membaca artikel ini
tempat rental laptop core I7
30 September 2019 - 09:46:33 WIB

saya berterimakasih karena website ini selalu memberikan hal menarik kepada kami
distributor genset perkins
30 September 2019 - 10:05:34 WIB

website ini mempunyai banyak sekali informasi menarik, terus update gan
jasa rental laptop perorangan
30 September 2019 - 10:18:49 WIB

website ini mempunyai banyak sekali informasi menarik, terus update gan
<< First | < Prev | 1 | 2 | 3 | ... | 6 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Pencarian Berita